MIftahul Khoer Institute

yang tak tersampaikan

Kontrak Forum Di SMART Pare

with 6 comments

Setengah Sembilan tepat, saya masuk kelas Speaking I. sebelumnya para peserta belum pada dating. Saya ke warung dulu sebentar. Pesan nasi buat sarapan. Karena hari ini perut sudah mulai keroncongan. Padahal biasanya pagi-pagi jarang merasa lapar.

“bu nasi bu.” Pesan saya.

“ama apa aja mas.” Kata si ibu warung yang bersebelahan dengan SMART.

“telor. Tempe. Mie. Sambel. Krupuk.” Pesen saya lagi.

Nasi dan lauk pauknya udah di tangan. Saya mengeksekusinya dengan santai. Sebuah meja dan kursi dari bamboo menemani sarapan saya ini. Di pinggir saya banyak orang. Mungkin sama juga seperti saya. Mereka peserta kursusan juga.

sma

Bahasa mereka pastilah Jawa. Saya tidak mengerti apa yang mereka omongkan. Mereka pada tertawaterbahak-bahak. Mungkin bagi mereka lucu. Tapi menurut saya, ngomong apaan mereka.

Sesuap demi sesuap nasi, saya masukan ke dalam mulut dengan seksama. Nikmat benar pagi ini. Cuaca lumayan gerah seperti biasa. Namun kali ini, sepertinya nasinya terlalu cepal. Tapi enak sekali. Bumbu telor dadarnya memanjakan lidah saya. Tadinya saya mau nambah. Namun kelihatannya, di sebelah, kelas yang saya ikuti sudah pada datang.

“bu, jadi berapa bu?” tantang saya.

“apa aja masnya?” kata si ibu warung.

“telor. Tempe. Mie. Sambel. Krupuk.” Jawab saya.

“semuanya jadi empat ribu.” Kata si ibu.

Saya kasih uang seratus ribu. Tapi belum dibayarkan. Kata si ibu, nanti saja setelah rada siangan. Toh, saya juga gak bakal kemana-mana. Kan kelas saya sama warung si ibu berdekatan. Sekitar tiga meteranlah. Jadi, si ibu percaya sama saya. Dan perlu anda ketahui. Di Pare ini, orang-orangnya terkenal jujur-jujur. Jarang sekali terjadi kecurangan atau pencurian.

Saya masuk kelas Speaking. Sebuah lingkaran sudah di bentuk. Inilah cara SMART dalam mengajarkan kursusannya. Para peserta diajak rileks dan santai. Bagi yang mau makan dan merokok silahkan. Tapi kali ini, semua peserta bersepakat agar tidak ada yang merokok di kelas. Jadi saya harus menahan keinginan saya dalam rangka merokok. Preeet.

Hari ini kontrak forum di Speaking I. ada beberapa peraturan dan kesepakatan dalam kursus ini. Selama satu bulan, mulai tanggal 25 Juni sampai 25 Juli, kita diberi gambarannya dulu. Dari mulai jadwal, absensi sampai ujian sudah kita bicarakan hari ini.

Kelas Speaking I angkatan periode 25 Juni 2009 ada empat belas orang. Lelakinya Cuma bertiga. Tapi hari ini lelaki yang satu tidak hadir. Perempunnya paling banyak. Ada sebelas orang. Dari mulai SMP sampai Kuliahan ada di sini. Saya jadi merasa anak kecil lagi kalau di satukan dengan anak SMP. Tapi demi ilmu, apa sih yang enggak.

Pare-Kediri, Asrama Tri Jaya 26 Juni 2009 03:38

Written by suaka

June 26, 2009 at 3:05 pm

Posted in Tulisan Bebas

6 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. tapi sayang di kelas grammar nggak bs roko’an …..
    but it’s ok…. yg penting masih ada kopi… hahahaaha…..

    dans

    July 1, 2009 at 4:44 pm

  2. salam.
    Maaf, mas nya punya gak nomor kontak/ibu kos (asrama Tri Jaya)?
    makasih…

    hipli

    February 4, 2010 at 11:52 am

  3. Kelas grammar bisa ngrokok Bos, tapi yang kelasnya ada diluar…anak pre-grammar sampai hi-class… heheehehe…… salam kenal….

    MIF

    May 17, 2010 at 8:54 am

  4. smart is the best

    alby

    October 4, 2010 at 1:41 pm

  5. i used to study at smart. having graduated from SMA in SULTRA i joined SMART ILC in 2002. I Have no idea to say about Smart. SIMPLY< SMART IS AMAZING.

    muh. Azan

    September 4, 2011 at 7:39 am


Leave a Reply

